Selasa, 12 November 2013

Fakta dan Rahasia Tersembunyi Seputar Ciuman

Bila Anda dan suami merasa lelah setelah seharian beraktivitas, tak perlu memaksakan diri untuk memenuhi hasrat bercinta. Keintiman suami istri bisa digantikan dengan ciuman mesra.


Ciuman dapat menjadi salah satu hal yang menyenangkan. Bahkan suami istri yang mengawali hubungan seksual dengan ciuman, umumnya akan berakhir dengan interaksi memuaskan.

Namun, banyak fakta yang mungkin tidak Anda ketahui tentang ciuman. Ingin tahu lebih banyak tentang fakta ciuman, berikut ini penjelasannya, seperti dikutip dari laman Momlogic:

90 persen orang melakukan ciuman
Menurut antropolog, mayoritas orang melakukan aksi ciuman. Dan aktivitas ciuman pun bervariasi di berbagai negara. Misalnya, suku tertentu di Afrika, memiliki aturan untuk mencium pemimpin mereka. Sedangkan di banyak negara bagian Eropa, tidak biasa bagi pria untuk mencium satu sama lainnya.

Sementara itu, di banyak negara lainnya lagi, sangat populer memberikan ciuman pipi kiri dan kanan sebagai bentuk salam. Beda lagi dengan orang Eskimo dan Mesir, 'ciuman' yang biasa mereka lakukan ialah dengan saling menggosokkan hidung.

Perhatikan lokasi saat ciuman
Ternyata, ciuman masih dianggap ilegal di beberapa bagian negara Amerika Serikat. Di Cedar Rapids, Iowa, tidak diperbolehkan untuk mencium orang asing.

Dan wanita di Hartford, Connecticut, secara hukum tidak diperbolehkan untuk berciuman bibir dengan suami mereka pada hari Minggu. Dan, bagi pria berkumis Indiana dilarang keras untuk berciuman. Sebab, menurut hukum Indiana, itu ilegal hukumnya.

Secara sains
Berciuman umumnya menggunakan satu otot yang disebut orbicularis oris. Otot ini bertanggung jawab untuk mengerutkan bibir Anda saat melakukan aksi cium. Ilmu mencium sendiri disebut philematology.

Bercumbu menyehatkan
Berciuman selama satu menit membakar 26 kalori. Jadi nikmati ciuman layaknya menikmati kue coklat. Sejumlah penelitian juga menyebutkan jika ciuman bisa memperbaiki kesehatan kulit, melancarkan sirkulasi darah, merawat gigi, bahkan mengobati sakit kepala

Rekor ciuman
Rekor dunia untuk lomba ciuman dipegang oleh pasangan Rich Langley dan Louisa Almedovar. Mereka mencatatkan waktu terpanjang berciuman, 30 jam 59 menit.

Ciuman tingkatkan harapan hidup
Berciuman memang dapat meningkatkan sariawan atau tertular penyakit. Namun sebuah studi menyebutkan bahwa pria dapat hidup lima tahun lebih lama jika mereka mencium istri mereka sebelum berangkat ke kantor.

Berciuman bisa dihukum mati
Dilarang keras untuk melakukan adegan mesra seperti ciuman di depan umum. Hal ini berlaku di sebagian sekolah di Italia. Bahkan, pada abad ke-16 di Nepal, mereka yang melakukan adegan ciuman di depan umum terancam hukuman mati.



Ketika “Ciuman Massal” Jadi Senjata Protes



Bagi masyarakat Indonesia, ciuman di depan umum mungkin masih dianggap tabu. Namun, di banyak negara, aksi ciuman massal justru menjadi senjata protes. Ciuman sendiri dianggap sebagai ekspresi kasih sayang, cinta, dan kemanusiaan.

Berikut beberapa aksi ciuman massal yang dijadikan senjata perlawanan.

1. Turki

Pada hari Sabtu, 25 Mei lalu, ratusan aktivis di Turki menggelar aksi ciuman massal di sebuah halten stasiun kereta api bawah tanah di kota Angkara, Ibukota Turki.

Dalam aksinya, mereka membawa poster bertuliskan “Ciuman Bebas” dan menerikkan slogan-slogan kebebasan. Aksi ciuman massal itu berlangsung beberapa menit dan diliput oleh banyak sekali media lokal dan internasional.

Saat aksi ini berlangsung, sedikitnya 20-an orang kelompok fundamentalis berupaya menggagalkan aksi ini. Namun, bentrokan berhasil dihindarkan karena Polisi memasang barikade diantara kedua aksi protes.

Aksi ini sendiri merupakan respon terhadap tindakan pejabat Perkeretaapian yang memperkarakan sepasang penumpang kereta yang tertangkap kamera CCTV sedang berciuman. Pihak perkeretaapian menganggap tindakan itu sebagai tindakan amoral.

Partai oposisi Turki telah mempertanyakan hak pihak Perkeretaapian mempersoalkan seseorang yang berciuman. Apalagi, Turki bukanlah negara agama. Kelompok Sekuler Turki juga mengkhawatirkan menguatnya upaya partai berkuasa membawa norma agama untuk kehidupan publik Turki.

2. Chile

Pada bulan Juli 2011 lalu, lebih dari 3000-an mahasiswa dan dosen dari berbagai Universitas di Chile menggelar aksi “pesta ciuman”. Yang menarik, aksi tersebut dilakukan langsung di depan Istana La Moneda, Istana Kepresidenan Chile.

Aksi tersebut berlangsung beberapa jam. Sebelum aksi ciuman massal digelar, 3000-an mahasiswa yang berdandan ala Zombie ini menggelar aksi teatrikal dan kemudian menari seperti dalam video klip “Thriller” Michale Jackson.

Aksi itu sendiri merupakan bentuk respon para mahasiswa dan dosen atas meluasnya kekerasan, represi brutal, dan penangkapan ribuan aktivis mahasiswa yang sedang menggelar aksi menolak privatisasi pendidikan Chile.

Memang, sejak tahun 2011, jalanan kota Chile tidak pernah kosong dari aksi protes mahasiswa dan pengajar. Mereka menuntut agar privatisasi pendidikan, yang diterapkan sejak era Pinochet, segera dihentikan. Tak hanya itu, mahasiswa menuntut agar negara menggratiskan pendidikan untuk seluruh rakyat Chile.

3. Rusia
Pada pertengahan Desember 2012 lalu, puluhan aktivis LGBT menggelar aksi ciuman massal di depan Duma—DPR Rusia. Aksi itu berlangsung dalam kondisi suhu udara nyaris nol derajat.

Aksi tersebut merupakan bentuk protes terhadap DPR Rusia yang sedang menggodok RUU berisi pelarangan mengkampanyekan homoseksualitas dan pedofilia kepada anak-anak kecil.

Bagi aktivis LGBT, RUU itu telah membuat komunitas LGBT sebagai sesuatu yang tak terlihat dan dilarang berbicara mengenai diri mereka dan persoalan-persoalannya.

RUU itu juga dianggap mendiksriminasikan warga negara, melanggar hak-hak dasar manusia, dan kebebasannya. Para aktivis LGBT menegaskan, pembagian warga negara berdasarkan preferensi seksual merupakan langkah pertama menuju fasisme.

Dengan menggelar aksi “ciuman massal”, para aktivis LGBT ingin menunjukkan bahwa cinta adalah sesuatu yang intim dan tidak harus ditarik-tarik ke ranah politik.

Sayang, sebelum aksi itu selesai, kepolisian Rusia telah membubarkan paksa aksi tersebut.

4. Spanyol

Pada November 2010 lalu, sekelompok aktivis LGBT di Spanyol juga menggelar aksi “ciuman massal”. Aksi tersebut bertepatan dengan kunjungan Paus Benediktus XVI ke Spanyol.

Carole Marylene, seorang penyelenggara aksi, menyatakan bahwa aksi tersebut dimaksudkan untuk melawan pandangan Paus Benediktus XVI terkait homoseksualitas.



Aksi tersebut—disebut “ciuman kolektif”—melibatkan 100-an pasangan LGBT. Dengan aksi itu, mereka berharap Vatikan mengubah pandangannya soal kebebasan seksual, perceraian, dan penggunaan kondom.


Rekor Ciuman Pasangan Terbanyak di Dunia

Ternyata rekor ciuman terbanyak dipegang oleh negara Filipina. Ini berlangsung ketika acara Hari Valentine pada tahun 2007. Tercatat ada 6124 pasangan yang ambil bagian dalam rekor dunia ciuman terbanyak secara bersamaan.


Menurut informasi, saat ini rekor ini belum ada yang berhasil mengalahkannya. Mungkin negara seperti Indonesia tidak akan mengadakan rekor dunia seperti ini, mengingat ciuman di depan umum merupakan hal yang masih tabu.


20 Jenis Ciuman


1. Butterfly Kiss: Mencium bagian tubuh si dia dengan mengedip-ngedipkan bulu mata hingga pasangan terasa geli. Ciuman ini bisa diberikan di pipi, ujung bibir, dahi atau perut.

2. Cheek Kiss: Biasanya ciuman ini diberikan pada saat kencan pertama sebagai tanda “aku suka padamu”. Ciuman pipi ini bisa semakin mesra jika Anda tahu caranya, letakkan tangan Anda di pundaknya lalu sebelum mencium usap dulu pipinya dengan bibir Anda, lakukan dengan penuh kelembutan.

3. Eskimo Kiss: Ciuman dengan cara saling menggosokkan hidung Anda dengan pasangan. Biar lebih seru dan seperti di Eskimo, lakukan di depan kulkas yang terbuka!

4. Eyelid Kiss: Sementara pasangan Anda sedang tidur, ciumlah kelopak matanya yang tertutup dengan sangat perlahan dan mesra. Ciuman yang sederhana tetapi bisa berarti sangat mendalam bagi si dia

5. Freeze Kiss: Ciuman yang dilakukan setelah bibir ditempeli es batu. Dingin tapi menyenangkan! Ada cara lain yang tak kalah serunya, Anda dan pasangan berciuman sambil memainkan es batu dengan lidah di dalam mulut.

6. Earlobe Kiss: Ciumlah pasangan Anda tepat di telinganya, tapi jangan bersuara! Cukup dengan hembusan nafas saja karena suara Anda akan membuatnya terperanjat.

7. The Whipped Cream Kiss: Merupakan jenis ciuman yang menggairahkan dan penuh nafsu. Celupkan jari Anda ke dalam whipped cream, lalu jilat jari Anda secara perlahan-lahan. Selanjutnya Anda dan pasangan saling berpelukan dan berciuman, ciuman yang manis karena di mulut Anda masih tersisa citarasa whipped cream.

8. Foot Kiss: Ciuman romantis yang penuh isyarat™.Mungkin pasangan Anda akan sedikit geli, jadi buatlah si dia merasa lebih rileks dan menikmati setiap ciuman Anda. Caranya, pijat-pijat dulu kakinya sembari dielus lalu mulailah aksi ciuman Anda dari bawah ke atas.

9. Quickie Kiss: Ciuman singkat yang dapat Anda berikan di saat Anda benar-benar sibuk. Kecup hidungnya lalu kecup bibirnya. Ciuman ini hanya membutuhkan waktu ¼ detik!

10. Forehead Kiss: Disebut ciuman ibu karena ciuman ini bersifat menenangkan bagi siapa saja. Tak ada ciuman di dahi yang dapat membangkitkan nafsu.

11. French Kiss: Bisa juga disebut The English Kiss atau Soul Kiss, gaya ciuman yang membutuhkan keahlian Anda dan pasangan memainkan lidah.

12. Fruit Kiss: Ciuman yang menggunakan potongan buah (anggur, stroberi, atau potongan apel). Caranya: Letakkan buah di antara mulut Anda lalu dekatkan mulut Anda padanya. Gigit buah setengahnya sampai bibir Anda dan pasangan saling menempel, lalu silahkan berciuman dengan bergairah.

13. Hand Kiss: Mencium punggung tangan pasangan dengan mesra lalu merambat ke bagian atas.

14. Lick Kiss: Sebelum ciuman berlangsung, mainkan lidah Anda pada bibir pasangan. Jika suasana makin memanas barulah lidah Anda masuk ke dalam mulutnya. Wow!

15. Talking Kiss: Sesekali saat berciuman tak ada salahnya Anda mengucapkan I love you di dalam mulutnya. Hmm… suasana berciuman semakin terasa romantis.

16. Nip Kiss: Ciuman yang erotis dan penuh sensasi. Saat berciuman, sesekali gigitlah bibirnya. Lakukan dengan benar dan jangan membuatnya menjerit kesakitan.

17. Sip Kiss: Sebelum mencium si dia, teguk sedikit minuman favorit Anda. Lalu tumpahkan di dalam mulutnya. Selanjutnya lumat bibirnya dengan perlahan dan biarkan si dia menikmati ciuman Anda.

18. The Buzzing Kiss: Ciumlah belakang telingannya dengan perlahan lalu dengan suara geraman dan dengungan mesra menuju ke lehernya. Gigit-gigit lehernya dengan perlahan sampai Anda menemukan mulutnya.

19. Vacuum Kiss: Ciuman yang dilakukan sambil meniup mulut pasangan sampai pipi mengembang. Lalu kempiskan sehingga ada angin bertiup bolak-balik dari mulut Anda ke mulut pasangan. Tapi hati-hati masuk angin!

20. Tongue Sucking: Merupakan variasi dari French Kiss, ketika Anda dan pasangan saling memainkan lidah, sesekali hisaplah lidahnya. Pasti si dia akan merasa lebih seksi.

5 Trik Dapatkan Ciuman Pertama dari si Dia

TIDAK lama mengikat tali asmara, Anda telah benar-benar jatuh cinta pada kekasih. Tak sabar rasanya mendaratkan kecupan, merasakan kehangatan napas dan bibirnya. Hanya saja, Anda malu dan ingin dia yang lebih dulu mencium.

Jika Anda berniat menunggu atau belum berani mencium kekasih lebih dulu, beberapa trik akan memperlihatkan kesiapan Anda untuk ciuman pertama dari si dia. Berikut, seperti dilansir iDiva.

Kekuatan mood

Kekasih tidak akan mencium Anda di tempat ramai. Maka, penting untuk memilih lokasi kencan yang nyaman, sekaligus membangkitkan mood. Ide menarik jika Anda melakukannya di rumah (saat tengah sendirian, tentunya!) redupkan lampu dan nyalakan musik beralunan pelan.

Goda dia dengan kata-kata
Tunjukkan ketertarikan Anda dengan kehadirannya. Tersenyum dan tertawalah setiap dia bergurau. Pertahankan kontak mata lebih lama dari biasanya. Puji dia dan bangun kepercayaan dirinya untuk mencium Anda sekarang.

Bahasa tubuh

Bahasa tubuh ialah cara terbaik untuk berkomunikasi. Sentuh kekasih saat Anda berdua tengah berbicara dan duduklah lebih dekat saat Anda berdua berbicara.

Pandangan mata

Tatap bibir kekasih, lalu lakukan kontak mata sebelum kembali menatap bibirnya.

Biarkan dia memperhatikan bibir Anda
Saat dia menatap wajah Anda, letakkan satu jari di bibir dan secara perlahan jilat bibir Anda dengan cara yang menggoda. Pastikan kekasih merespons dengan mencondongkan tubuh lebih dekat dan mendaratkan bibirnya di bibir Anda.

UDAH TAHU KAN CARANYA?

Tidak ada komentar: