Kamis, 10 Oktober 2013

Penataan Ruang Tamu Rumah Minimalis

Setiap rumah pasti memiliki ruang tamu. Ruang tamu adalah penentu pertama dalam penilaian suatu rumah secara keseluruhan. Kita tahu jika ruang tamu tidak rapi akan menjadi nilai tersendiri bagi yang punya rumah, maka dari itu kita harus merapikan ruang tamu sebaik mungkin agar terlihat bersih dan rapi. Bagi kita semua yang mempunyai rumah minimalis tidak usah berkecil hati untuk menata ruang tamu, disini kami sebagai penulis akan membantu mensiasati untuk meraih ruang tamu yang nyaman dirumah minimalis.

Pertama gunakan furniture yang ramping. Kita harus mensiasati furniture seramping mungkin, gunakan sofa, meja dan kursi yang berukuran sedang atau kalau kita pesan sesuai ukuran ruang tamu rumah minimalis anda, dengan mengukur hasilnya akan lebih tepat


Kedua menggunakan komposisi warna yang tepat. Pewarnaan dinding ruang tamu pada rumah minimalis sebaiknya menunggu jika furniture meja, kursi, sofa selesai dibuat atau sudah dibeli, karena warna cat sesuai dengan warna furniture akan lebih nyaman dan suasana lebih indah. Perpaduan warna akan menjadi lebih hidup, karena keseragaman warna akan lebih terpadu dan diharapkan ruangan yang sempit menjadi kelihatan lebih longgar yang pada akhirnya menjadi terkesan lega.

Ketiga melakukan permainan warna. Mensiasati pewarnaan ruang tamu pada rumah minimalis akan menjadi lebih longgar dan berkesan lega, gunakanlah warna yang lembut seperti putih, krem, kunin, kuning gading atau sesuai selera anda tapi usahan yang berwarna lembut. Warna lembut umumnya mudah di kombinasikan dengan berbagai furniture. Agar dapat menambah sentuhan visual gunakan kombinasi warna terang seperti merah atau hijau, hal ini akan menambah daya visual yang lebih dinamis dan menarik.

Keempat gunakan aksesoris yang kecil. Rumah minimalis dirancang sesuai kebutuhan makan dengan itu gunakan aksesoris yang tidak terlalu besar, gunakan sesuai dengan kebutuhan rumah anda. Hal ini agar ruang tamu rumah minimalis anda tidak menghalangi lalu lintas dan aman bagi anak anak dirumah. Usahakan jangan menaruh lemari besar disekitar ruang tamu, gunakan saja aksesoris yang kecil sesuai dengan kebutuhan agar rumah minimalis anda lebih cantik.

Berikut beberapa gambar penataan ruang rumah minimalis.











Tips Tata Ruang Rumah Minimalis yang Nyaman


Penataan ruang dirumah sangat berbeda dengan penataan ruang di bangunan yang lain, penataan ruang didalam rumah harus disesuaikan kehendak dan kepentingan si pemilik rumah. Penataan ruang didalam rumah biasanya di pengaruhi luasnya ruangan, fungsinya ruangan, bahkan banyak orang sangat memperhatikan posisi sesuai prinsip yang dianjurkan feng shui. Penataan ruang rumah minimalis sangat sulit dan rumit karena hal ini disebabkan rumah yang berukuran kecil, tapi kecilnya rumah raungan tetap bisa di tata sedemikian rupa menjadi lebih nyaman. Adanya rumah minimalis karena dibeberapa kota mengalami penyempitan lahan. Dibawah ini beberapa tips menata ruangan agar rumah minimalis kelihatan lebih luas dan terasa nyaman.

Memperhatikan Fungsi Ruang
Seperti pada konsep rumah minimalis tidak memiliki banyak ruang. Walaupun tidak memiliki banyak ruang, tetapi tetap membutuhkan kejelasan fungsi ruangan. Fungsi ruangan harus diperhatikan agar tidak salah dalam mendesain. Dengan fungsi yang jelas kebutuhan perabot pun dapat disesuaikan.
Seperti ruang keluarga. Maka untuk rumah minimalis perlengkapan elektronik seperti televisi cukup ditempelkan pada dinding, sehingga ruangan menjadi lebih longgar, menggunakan karpet yang lembut dan beberapa bantal yang berukuran sedang. Perlengkapan yang tidak terlalu banyak akan memberikan efek ruangan menjadi lebih luas.

Penggunaan Warna Dalam Ruangan
Untuk warna dalam rumah minimalis sangat berpengaruh terhadap situasi yang dimunculkan. Warna yang biasa digunakan biasanya warna yang memberikan kesan longgar, warna tersebut bisa berwarna hitam tetapi tidak sepenuhnya warna hitam dalam seluruh ruangan. Warna dapat dikombinasikan dengan warna kuning atau warna cerah yang lain, untuk langit-langit dapat digunakan warna biru.

Pembagian Sudut di Rumah Minimalis
Untuk rumah minimalis biasanya dalam tata ruang yang dapat digunakan adalah memanfaatkan pembagian sudut, hal ini dilakukan untuk membagi ruangan yang besar menjadi dua atau lebih fungsi ruangan. Sedangkan untuk membagi atau mempartisi dapat digunakan dengan menggunakan sekat-sekat kaca cermin karena kaca cermin menghasilkan efek ruangan yang lebih luas.
Kreasi tata ruang di dalam rumah minimalis dapat terus dilakukan dengan berbagai eksperimen, terutama bagi rumah minimalis yang simpel dan elegan. Selain itu, dalam melakukan tata ruang rumah biarkan imajinasi atau selera individu bebas bermain, dengan demikian hasil penataan tidak monoton dan lebih unik.









Tips Membuat Denah Rumah Minimalis
Kita harus memperhitungkan keperluan yang dibutuhkan karena rumah minimalispada umumnya hanya 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, dapur, ruang kaluarga campur ruang tamu dan garasi. Sebisa mungkin antara ruang keluarga dan ruang tamu didesain dengan menggunakan partisi yang bisa dilepas, hal ini difungsikan untuk kebutuhan yang lain yang lebih luas lagi.

Rumah minimalis juga harus memperhatikan sirkulasi udara yang cukup kebutuhan dirumah tersebut, kita juga harus memperhatikan sirkulasi air. Usahakan sirkulasi lanar agar sehat terjamin udara yang bersih sesuai dengan kebutuhan kesehatan tubuh.

Usahakan setiap jengkal tanah yang tersisa digunakan untuk menanam pohon terutama depan rumah, agar rumah anda menjadi canti, indah dan mempesona. Rumah minimalis karena bentuk yang kaku akan lebih kelihatan lebih dinamis dengan adanya tanaman-tanaman hidup di taman.

Jika memungkin untuk yang leih maksimal gunakan jasa konsultan dalam pembuatan konsep rumah minimalis yang benar-benar anda inginkan. Sebab kalau kita memperhitungakan dengan cermat kebutuhan akan lebih tepat sesuai dengan perhitungan arsitek akan bisa menekan pemborosan ruang semaksimal mungkin.





sumber : http://konseprumahminimalis.blogspot.com


Tidak ada komentar: