Jumat, 25 Oktober 2013

Sukses di Usia Muda, Mengapa Tidak?

Setiap orang tentunya mempunyai impian untuk berada di puncak karir kesuksesan. Sukses dalam arti mampu meraih kemapanan dalam usaha maupun kegiatan yang tengah dijalaninya. Namun sayangnya, paradigma yang selalu berkembang di masyarakat adalah bahwa untuk mendapatkan predikat sukses paling tidak harus menunggu usia 45 hingga 50 tahun.

Paradigma keliru semacam ini seharusnya sudah mulai kita hilangkan dalam benak pikiran kita, terkhusus bagi para pengusaha muda dan generasi penerus bangsa lainnya. Bahwa kesuksesan sejatinya bisa di raih di saat muda, saat kobaran semangat meraih mimpi sedang berada di titik kulminasi tertinggi, atau dengan istilah lain young on top.



Motivasi Kerja Sukses di Usia Muda

Usia muda adalah usianya para pengkhawatir kelas berat. Wajar, karena umumnya usia muda ini cenderung memikirkan hal - hal yang belum terjadi. Dan anehnya, yang dipikirkan itu cenderung negatifnya dan gagalnya. Sebenarnya rasa khawatir itu sengaja dititipkan oleh Tuhan untuk membuat para generasi muda lebih was - was dan tetap berusaha dan memikirkan masa depannya agar lebih baik.


Usia muda adalah rentang usia yang tepat, untuk mencoba. kenapa ? karena rata - rata usia muda adalah usianya aktif dan menggebu - gebu. Usia mudalah saat yang paling baik untuk berbuat dan mencoba sebanyak mungkin. Karena kalau diusia tua, pastilah sudah lebih banyak takutnya. Berbeda dengan saat muda, walaupun penuh khawatir tapi ada satu keunggulan anak muda yakni lebih berani untuk bertindak dan tidak banyak mikirnya.

Intinya kalau mau gagal, perbanyaklah gagal saat muda. Agar jatah kegagalan diusia tua tidak lagi banyak. seperti kata pepatah, bangunlah disaat muda agar anda tidur diusia tua. Bekerjalah disaat muda, agar anda istirahat disaat tua kelak. Perbanyaklah ide dan bertanya dengan kepada para senior yang telah lebih dulu gagal dan berujung pada keberhasilan, dan mendengarkan serta mengamalkan semua kata - kata motivasi kerja yang telah dimanatkan.

Segera temukan apa yang paling menjadi hobi dan kesukaan anda, mulailah dari 2 hal penting itu, yakni hoby dan kesukaan. Anak muda yang memulai usahanya dari 2 hal penting ini nyaris akan lebih mudah untuk sampai pada titik masa depan dan titik usaha yang paling diinginkannya. Seumur hidup kita, masa muda itu adalah masa puncak, dan merugilah jika aktivitas kita pun tidak pada puncaknya.


7 Cara Terbaru Sukses Usia Muda

siapa sih yang tidak menginginkan kesuksesan di usia yang relatif masih dini. saya yakin banyak yang menginginkan hal tersebut. terbayang dipelupuk mata jika sukses di usia muda maka akan menjadi manusia terkaya di indonesia atau terkaya di dunia. untuk meraih hal tersebut caranya tidak gampang, perlu kerja keras untuk sukses di usia remaja. berikut beberapa cara agar sukses usia muda:

1. Bertindak: setelah anda putuskan untuk sukses, anda mendapat dorongan untuk bertindak, bertindak agar semua keinginan yang dijalani dapat terrealisasikan, jangan hanya duduk saja menunggu keberhasilan datang dengan sendirinya.tetapi kita harus bertindak agar keberhasilan datang dengan hasil keringat

2. Kegigihan: Untuk berhasil memerlukan ketekunan, bersikeras dan sikap tak henti-hentinya. Pada intinya kita harus bekerja keras tanpa putus asa dan yang terpenting jangan pantang menyerah

3. Carilah sesuatu yang membuat anda baik dan pada akhirnya sukses: perlu anda cari sesuatu yang benar-benar membuat anda nyaman pada pekerjaan itu, karena sesuatu yang kita kerjakan timbul dari kesukaan kita, karena dengan timbulnya kesukaan itu pasti akan membuahkan keberhasilan yang manis.

4. Gagal lagi: keberhasilan seseorang dibumbui oleh kegagalan dan kegagalan, kegagalan membawa anda menuju kesuksesan, lihat saja sosok Thomas Alfa Edison yang gagal 9.998 kali, tetapi ia tidak pantang menyerah, dalam setiap kegagalan pasti anda akan dihadapkan oleh hasil yang tidak memuaskan, tetapi jangan menilai ketidak puasan dari hasil itu sebagai kegagalan, lihat ketidak puasan itu sebagai langkah anda untuk menuju keberhasilan

5. Gagal: jangan takut akan kegagalan, karena kegagalan mengajarkan kita akan langkah-langkah sukses, ketahuilah bahwa orang-orang yang memiliki keberhasilan terbesar sering memiliki kegagalan besar pula, orang yang ingin sukses adalah orang yang berani mengambil resiko dalam kondisi apapun, belajar dari sebuah kegagalan karena kegagalan guru berharga agar kita renungi untuk merubah kegagalan itu menjadi suatu keberhasilan.

6. Memutuskan untuk sukses: setiap berusaha hendaknya kita bersikeras dan optimis agar sesuatu yang dijalani dapat sukses, keoptimisan ini dapat membentuk semangat dalam menjalani sesuatu yang ingin dijalani

7. Berhenti: terkadang anda perlu berhenti untuk menjadi berhasil, jangan terpaku oleh sesuatu yang membuat anda gagal, cobalah behenti untuk memikirkan sesuatu yang benar-benar ingin anda tekuni.

8. Penuntut Ilmu
Bukan pendidikan formal yang saya maksudkan, tetapi Anda harus menanamkan sifat dalam diri sebagai penuntut ilmu dalam bidang Anda. Jika Anda telah menemukan bidang Anda adalah pedagang mainan, maka belajarlah segala sesuatu tentang mainan. Menuntut ilmu di usia muda lebih efektif bagaikan menulis di atas batu sedang menuntut ilmu di usia lanjut bagaikan menulis di atas air.

9. Restu Orang tua
Sebaik apapun hubungan Anda dengan manusia bahkan dengan Tuhan, jika Anda mempunyai hubungan yang buruk bahkan durhaka kepada orang tua maka Anda adalah Nothing. Seribu orang seperti itu tidak Ada gunanya. Mintalah restu kepada orang tua Anda setiap Anda akan melakukan sebuah usaha, ujian, maupun yang lainnya karena doa tertulus kepada Anda adalah doa orang tua Anda yang ketulusannya bahkan melebihi doa Anda kepada diri Anda sendiri.

10. Sedekah dan doa
Kun Fayakun, apa yang terjadi maka terjadilah. Semuanya hanya kehendak Tuhan Yang Maha Esa. Jika kita menyandarkan semua cita-cita kita hanya kepada-Nya, sangat mungkin sekali jika cita-cita Anda mudah terkabulkan. kalaupun tidak, maka Tuhan akan mengganti cita-cita Anda dengan sesuatu yang jauh lebih baik dari impian Anda.

11. Pantang Menyerah
Orang bijak mengatakan bahwa setiap orang mempunyai jatah gagal, maka habiskan jatah gagalmu di usia muda. Maka ketika jatah gagal telah habis maka tinggal jatah keberhasilan yang ada. Untuk menghabiskan jatah gagal tentunya Anda mengalami masa dimana kita selalu gagal kemudian bangkit lagi dan gagal lagi bangkit lagi hingga kita telah menghabiskan masa gagal kita di usia muda semuda mungkin sehinggal di usia yang masih mudah kita dapat berhasil.

12. Entrepreneur bukan pekerja
Jalan paling realistis untuk sukses di usia dini adalah menjadi seorang entrepreneur. Memang itu sangat sulit dan terkadang tidak semua orang mempunyai jiwa entrepreneur. Tetapi sulit tidak berarti mustahil karena Anda dapat mempelajarinya. Menjadi seorang entrepreneur tidak bergantung dengan latar pendidikan tetapi keuletan dan keberanianlah yang berperan. Bukan berarti pekerja tidak dapat sukses di usia muda, hanya membedakan mana yang dapat Anda tinggalkan sementara penghasilan selalu mengalir kepada Anda.
 
Kunci sukses yang tak kalah penting lainya adalah kecakapan membangun relasi, atau Make a lot of friends. Sebagai makhluk sosial tentu kita tidak akan pernah bisa hidup sendiri dan akan selalu membutuhkan bantuan dari orang lain. Dalam hal ini kita juga harus menyadari bahwa dengan semakin banyak teman dan relasi yang kita bangun akan semakin memudahkan langkah kita untuk bisa mengembankan usaha dan kegiatan yang tengah kita kerjakan, dengan catatan kita harus mau membangun relasi (berteman) dengan siapapun dengan tulus.

Maksudnya adalah tidak pilih-pilih dalam berteman, jika teman kita memiliki pengaruh positif, sebaiknya kita analisis sisi positif dari mereka supaya bisa kita contoh dan amalkan dalam kehidupan kita. Pun dengan teman yang dirasa memiliki pengaruh negatif, sebaiknya tidak kita benci dan jauhkan begitu saja, tetapi mau merenungi sisi negatifnya untuk nantinya kita pelajari dan tidak kita terapkan dalam kehidupan kita.

Menjadi Sukses di usia muda merupakan harapan setiap orang. Sukses di usia semuda mungkin membuat kita dapat mempercepat masa pensiun kita dan menikmati hasil kerja keras kita. Jika Anda inginmenjadi orang sukses di usia muda tentunya Anda harus mempunyai cara sukses di usia muda. Jika Anda belum mepunyai tips sukses di usia muda, maka tidak ada salahnya Anda menyimak beberapa tips berikut ini :


9 Kesalahan Pebisnis Pemula

Banyak orang yang tertarik berwirausaha dan segera mencobanya. Namun akhirnya banyak yang tak bertahan lama dan jadi patah semangat. Karenanya sebagai pebisnis pemula perlu menghindari hal-hal di bawah ini:

1. Kaya ide, miskin keberanian.
Resep sukses para pebisnis adalah tidak ragu dalam memulai ide usaha. Setelah cocok dengan satu ide usaha, maka lakukanlah. Jika ditunda maka kesempatan akan hilang. Jangan khawatir soal keterampilan yang diperlukan. Jika ada niat, maka anda akan terampil dalam usaha itu dengan sendirinya.

2. Kurang memiliki “modal” sebagai entrepreneur.
Modal di sini menurut Purdi E. Chandra adalah berani mimpi, berani mencoba, berani merantau, berani sukses dan berani gagal. Kesuksesan dan kegagalan usaha adalah pelajaran berharga buat enterpreuner.

3. Ingin cepat mengharapkan hasil.
Jangan berharap terlalu cepat untuk mengharapkan hasil dari usaha yang baru dirintis. Hasilnya mungkin baru dapat kita rasakan beberapa bulan yang akan datang.

4. Bingung menentukan usaha yang akan dijalani.
Jika anda kreatif bisa jadi anda bisa menjual limbah kertas koran menjadi barang berharga yang bisa diekspor seperti Lucy Gani Wijaya dari Yogyakarta.

5.Tidak memiliki strategi rencana pemasaran dan penjualan.
Dengan rencana pemasaran anda dapat memfokuskan sasaran produk atau jasa yang ingin anda jual. Sedangkan rencana penjualan adalah peta nyata mengenai gambaran dari mana hasil penjualan datang, bagaimana caranya dan dari siapa. Dengan strategi ini usaha jadi bisa dikendalikan sesuai tujuan kita.

6. Tidak mengenali konsumen.
Apakah kita sudah cukup mengenali pelanggan produk atau jasa kita? Pebisnis yang baik harus tahu apa keinginan konsumen saat ini dan mendatang, bagaimana pola beli dan bagaimana konsumen memenuhi kebutuhan mereka sendiri. Dengan pengetahuan ini anda bisa berinovasi dan membuat produk yang bersaing.

7. Mencampuradukkan modal usaha dan keuntungan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.
Ingatlah, kita harus membuat kas keuangan yang cukup baik walau sifatnya mungkin masih sederhana. Jangan lantas menggunakan modal dan keuntungan hasil usaha untuk kebutuhan kita sehari-hari. Jika anda terpaksa mengambil dari kas, maka anggaplah itu pinjaman yang harus segera dilunasi.

8. Senang berbisnis sendiri.
Jika anda memiliki niat mulia untuk membuka lapangan pekerjaan, kenapa tidak berani membayar tenaga orang untuk mengerjakan sebagian tanggung jawab anda jika usaha anda mulai berkembang? Hal ini menguntungkan karena anda bisa memikirkan memperluas bidang usaha dengan ide-ide anda yang lain tanpa terbebani secara teknis bisnis yang sudah anda mulai lebih dulu.

9. Kurang sungguh-sungguh dalam berbisnis.
Hasil yang anda terima sepadan dengan usaha yang telah anda berikan. Nah, jangan harap hasil yang anda terima akan besar jika anda mengerjakan bisnis anda dengan setengah hati. Kesungguhan adalah salah satu kunci kesuksesan.

Pilih Kerja Keras atau Kerja Cerdas?

Orang tua kita mengatakan, jika ingin sukses kita harus mau kerja keras. Tetapi, banyak para pelatih sukses yang mengatakan kita harus kerja cerdas. Apa perbedaan kedua istilah tersebut dan mana yang benar? 

Apa yang dikatakan orang tua, belum tentu kuno. Justru ada kebijakan dibalik itu. Begitu juga, kita jangan dulu menolak konsep baru, karena teknologi dan informasi mengalami kemajuan terus. Apakah kerja cerdas itu hanya hiperbola?

Saya setuju dengan apa yang dikatakan orang tua tentang bekerja keras. Jika mau sukses, kita memang harus bekerja keras. Saya mengetahui beberapa kehidupan orang-orang yang sukses dalam bisnis, mereka bekerja keras untuk bisnis mereka. Orang yang sukses dalam karir, mereka kerja keras dalam karirnya. Begitu juga, orang yang sukses dalam dakwahnya, mereka kerja keras dalam dakwahnya.

Saat ada orang yang mengatakan kita hanya perlu kerja cerdas, tanpa harus kerja keras, saya tidak setuju. Tapi, saya setuju dengan kerja cerdas. Yang benar menurut saya adalah, kita perlu kerja keras DAN juga kerja cerdas. Jika kita hanya kerja cerdas saja, kita akan kalah oleh orang lain yang kerja cerdas dan kerja keras pula.
Definisi Kerja Keras

Saya kita, kita tidak akan kesulitan untuk mendefinisikan kerja keras. Kerja keras itu adalah bekerja dengan waktu yang cukup lama dan energi sebesar mungkin. Agar kita bisa memberikan energi yang besar dalam bekerja, artinya kita harus fokus pada pekerjaan kita. Itulah cara memberikan energi terbesar.

Bagaimana kita bisa bekerja keras? Kuncinya ialah Anda harus memiliki motivasi tinggi. Pelajari bagaimana meningkatkan motivasi secara instan di video Instant Motivation Weapon. 

Definisi Kerja Cerdas

Apa itu kerja cerdas? Kerja cerdas itu adalah bagaimana kita bekerja sebaik mungkin dengan hasil yang lebih besar untuk usaha yang sama. Atau hasil yang sama dengan usaha yang lebih sedikit. Bagaimana caranya? Banyak sekali, kuncinya ialah dengan menggunakan apa yang disebut daya ungkit. Saya yakin, jika Anda setidaknya lulusan SMP, Anda sudah belajar tentang pengungkit pada bab Pesawat Sederhana pelajaran Fisika. Pengungkit adalah alat yang memungkinkan kita bisa menghasilkan kerja dengan usaha sekecil mungkin.

Contoh pesawat sederhana yang menggunakan daya ungkit adalah dongkrak mobil. Kita tidak akan kuat untuk mengangkat dan menahan mobil dengan tenaga tangan kita, tetapi dengan bantuan dongkrak, kita menjadi mampu mengangkat dan menahan mobil kita tanpa energi yang lebih besar. Pertanyaanya ialah: apa “dongkrak” yang bisa digunakan untuk bisnis atau karir kita?

Anda perlu usaha untuk menemukan daya ungkit dalam bisnis dan karir Anda. Berikut adalah usaha yang bisa Anda lakukan:
  • Belajar kepada orang lain, apa yang sudah terbukti berhasil yang pernah dilakukan oleh orang lain. Tidak perlu dari nol! Ikuti cara tersebut, Anda tidak akan membuang waktu belajar dari nol lagi. 
  • Carilah ide untuk meningkatkan kinerja atau hasil dari apa yang Anda biasa atau sudah dilakukan. Untuk lebih lengkapnya tentang ini, saya sudah membahas pada ebook Revolusi Waktu. Pada ebook Revolusi Waktu Anda akan belajar bagaimana meningkatkan produktivitas dan mengurangi waktu kita bekerja. 

Coba bayangkan, Anda sudah bekerja dengan cerdas ditambah dengan kerja keras, maka sukses insya Allah ada dihadapan Anda.

Sesungguhnya Allah suka kepada hamba yang berkarya dan terampil (professional atau ahli). Barangsiapa bersusah-payah mencari nafkah untuk keluarganya maka dia serupa dengan seorang mujahid di jalan Allah Azza wajalla. (HR. Ahmad)

Allah SWT menyukai hamba-Nya yang suka kerja keras.



Ubah Kebiasaan Anda, Ubah Hidup Anda

Kita semua ingin mengubah hidup menjadi lebih baik atau lebih bahagia. Sesungguhnya hal tersebut bisa saja, itu kenapa kita tidak boleh berputus asa dalam memperjuangkannya. Hak semua orang sama untuk berjuang. Ternyata perubahan hidup itu sangat erat kaitannya dengan kebiasaan yang sering kita lakukan. Entah disadari atau tidak, kebiasaan akan mempengaruhi pola berpikir kita, sehingga itu juga akan mempengaruhi keputusan terhadap pilihan-pilihan hidup yang dihadapkan kepada kita. Kebanyakan orang sukses mengatakan, salah satu jalan menuju kesuksesan adalah dengan bergaul dan hidup di lingkungan orang-orang sukses. Tujuannya adalah agar kebiasaan-kebiasaan yang kita lakukan adalah kebiasaan-kebiasaan yang menghantarkan kita pada kesuksesan. 

Namun jangan disalah artikan bahwa kita harus menjadi orang tersebut, salah. Kita tetap menjadi diri sendiri, tetapi tirulah kebiasaan-kebiasaan baik seseorang, sesuaikan dengan kondisi kita. Ketika Anda terbiasa untuk belajar sesuatu bahkan dari hal-hal kecil sekalipun, maka Anda bisa saja memperoleh banyak bekal pengetahuan atau keterampilan, dan ini akan menjadi senjata Anda untuk mengubah hidup menjadi lebih baik. Sebaliknya jika Anda terbiasa untuk berkebiasaan yang kurang baik, hidup Anda tetap berubah, tetapi berubah menjadi kurang baik, dengan catatan Anda tidak belajar apa pun dari hal tersebut. Jadi kita harus pilih-pilih teman ?

Tepatnya bukan pilih-pilih, hanya saja kita harus tahu dengan siapa kiat bergaul. Sehingga kita tahu batasan-batasan mengenai hal yang pantas atau tidak pantas kita lakukan. Jadi jika Anda ingin mengubah hidup menjadi lebih baik, maka ubahlah kebiasaan Anda dengan kebiasaan-kebiasaan yang baik dan bermanfaat tentunya.

Penting di ingat bahwa cara sukses di usia muda hanya dapat ditepapkan ketika Anda masih muda, maka jangan sia-siakan waktu Anda dengan kegiatan yang kurang bermanfaat. Karena masa muda cepat berlalu. Semoga bermanfaat.


Tidak ada komentar: