Rabu, 16 Oktober 2013

Teras, pagar dan dapur Rumah Minimalis

Tata Ruang Dapur Minimalis Modern

Ruang dapur merupakan ruang yang wajib ada di setiap rumah tak terkecuali rumah minimalis, Fungsi dari ruang dapur tak lain tempat beraktifitas masak memasak, membuat minum/menyeduh air, bisa juga tempat untuk menyalurkan hobi memasak dengan teman-teman, tetangga bahkan dengan saudara.

Mendesain ruang dapur tidak serta merta didesain begitu saja, harus ada konsep yang jelas, tata ruang baik, sirkulasi udara yang lancar karena dapur berhubungan dengan kompor yang dapat menyebabkan suhu ruang panas, sehingga diperlukan sirkulasi udara yang mumpuni agar tidak terjadi suhu panas di rumah anda.

Tata ruang dapur harus mencakup, kompor listrik, lemari dapur, wastafel, rak piring dan lain sebagainya. Tanpa itu semua akan dapat menyulitkan anda dalam beraktifitas memasak. Oya…..untuk penerangan ruang dapur juga harus terang jangan redup, redup dapat mengakibatkan kerusakan mata. Usahakan genting ruang dapur menggunakan beberapa genting kaca biar lebih terang walaupun tanpa lampu. Berikut beberapa gambar desain ruang dapur yang bisa anda jadikan referensi.
























Desain Dapur Untuk Rumah Minimalis

Memiliki rumah minimalis yang bagus merupakan idaman setiap orang, banyak orang berkeinginan mempunyai rumah minimalis dan akhirnya tercapai memiliki rumah idaman, tetapi disini kami ingin memberikan saran bagi orang yang sudah memiliki rumah minimalis untuk mendesain kembali dapur, karena keberadaan dapur minimalis sangat penting, ruang dapur ini tidak bisa dihindarkan setiap rumah harus mempunyai dapur. Kami akan membagi beberapa tips dapur minimalis, semoga tips berikut menjadi harapan bagi anda.


Pertama kenali dulu bentuk ruangan dapur, berapakah ukuran yang akan digunakan untuk dapur. Jika kiranya kecil maka gunakan beberapa barang yang penting, seperti kompos gas, kulkas/lemari es, lemari penyimpan makanan, rak piring/gelas, tempat sendok dan barang yang penting lainnya.


Sebaiknya ruang dapur rumah anda di beri saluran untuk membuang udara dari dapur ke luar, hal ini untuk mengurangi bau dalam dapur, karena bisa dipastikan ruangan tersebut tidak luas dan pasti menghasilkan panas yang berlebihan karena kompor, maka perlu dibuatkan blower untuk membuang udara, membuat blower tidak hanya untuk dapur saja bisa untuk ruangan yang lain. Usahakan dapur rumah anda dibuat senyaman mungkin dan seaman mungkin, beri perhatian lebih pada kompor gan jangan sampai bocor.

Untuk cat dapur rumah anda gunakan warna yang sesuai selera anda, biasanya menggunakan warna krem/putih. hindari warna gelap karena itu akan membuat ruangan menjadi kelihatan sempit. Berikut ini beberapa gambar dapur minimalis

















Desain Carport Rumah Minimalis

Rumah anda besar atau kecil, apapun bentuknya membuat carport hukum wajib dan harus ada, kegunaan dari carport yaitu untuk menaruh kendaraan mobil, bila anda membangun rumah tetapi belum punya mobil carport tetap wajib ada, karena suatu saat jika anda punya mobil carport sudah siap hehehe...amin

Desain carport yang sederhana dengan paduan warna hijau kelihatan lebih asri dan tetap akan kelihatan indah, untuk desain atau bentuk carport untuk rumah minimalis anda bisa disesuaikan dengan dana yang ada, maksud dari dana yang ada tersebut adalah jika dana sangat minim mungkin bisa menggunakan lantai semen dan atap kanopi yang terbuat dari plastik. Dana minim buatlah carport yang sederhana tapi dikondisikan sebaik mungkin agar terlihat lebih indah, jadi tidak perlu carport yang mewah.

Berikut beberapa gambar desain carport rumah minimalis yang bukan bisa menjadi inspirasi anda.

























Pagar Rumah Minimalis


Tidak hanya rumah aja yang bisa dirancang sebagai konsep minimalis. tetapi bagian pagar rumah juga dirancang dengan konsep minimalis. Sangat cocok rumah minimalis mempuyai pagar minimalis pula, sesuai dengan konsep minimalis. Konsep ini sudah banyak digunakan olah masyarakat yang tinggal didaerah perkotaanmaupun tinggal di daerah-daerah yang lainnya.

Seperti biasannya konsep rumah minimalis banyak digandrungi masyarakat yang lebih mengedepankan kepraktisan dan efisiensi. Konsep pagar minimalis ini menggeser konsep model lama yang banyak digunakan pagar yang konsep yang yang tinggi menyerupai benteng. Di kota-kota bangunan yang mempunyai konsep pagar minimalis banyak yang berada dalam komplek atau perumahan. Pagar rumah sudah tidak lagi berperan sebagai alat untuk keamanan saja tetapi sudah bergeser ke hiasan depan rumah atau bisa juga disebut interior dan sebagai pembatas halaman rumah mereka.


Beberapa contoh gambar pagar minimalis :






















Teras Rumah Minimalis Asri dan Nyaman


Bersantai dengan keluarga dirumah memang membuat kita lebih nyaman dan tentram, untuk mendukung hal tersebut kita bisa membuat teras menjadi asri dan nyaman untuk kita tempati. Desain ini diterapkan untuk rumah minimalis, karena beberapa dekade rumah minimalis sangat diminati banyak orang, sehingga dengan memiliki rumah minimalis kita juga harus membenahi teras agar nyaman untuk berkumpulnya berkeluarga.

Membuat teras rumah minimalis yang nyaman bisa kita gunakan tanaman yang indah, usahakan tanaman setinggi 2 meter agar kesejukan dari tumbuhan sampai ditempat orang yang sedang berkumpul (baca diteras) , sangat berbeda jika kita hanya menggunakan tumbuhan yang lebih rendah dari manusia. Cara lain menanam tumbuhan yang bisa merambat di tembok, penulis telah mempraktekan cara ini dan hasilnya sangat memuaskan. Cobalah untuk diterapkan dirumah minimalis anda. Cara lain membuat kanopi untuk rambatan tumbuhan akan membuat teras lebih nyaman, teduh dan asri.

Sebisa mungkin membuat kanopi atapnya jangan menggunakan bahan plastik karena benda tersebut akan membuat teras/bawah kanopi menjadi panas. Memang untuk membuat teras atau bawah kanopi sejuk dibutuhkan dana yang agak mahal, gunakan atap kanopi dengan menggunakan genting tanah liat. Memang untuk membuat rumah minimalis nyaman memerlukan biaya yang tidak sedikit. Setelah semuanya tercapai usahakan rumah minimalis anda bersih an selalu dibersihkan setiap hari, bersihkan debu-debu yang menempel didinding rumah minimalis anda. Rasakan sendiri teras rumah minimalis anda akan lebih cerah, nyaman dan asri.

Inilah beberapa gambar teras rumah minimalis














http://konseprumahminimalis.blogspot.com

Tidak ada komentar: