Sabtu, 07 September 2013

Evaluasi dan Meningkatkan Kualitas diri


“Organisasi Bisnis Hari Ini Memerlukan Pribadi-Pribadi Yang Memiliki Kecerdasan Untuk Memanfaatan Teknologi; Menggunakan Intelektual Diri Yang Sesuai Dengan Tuntutan Kerja; Memanfaatkan Emosional Diri Yang Positif; Memanfaatkan Kekuatan Spiritual Diri Yang Terfokus Kepada Segala Kebaikan; Dan Mempraktikkan Cara Kerja Yang Mendukung Setiap Gerak Dan Langkah Organisasi, Untuk Menuju Kepada Optimalisasi Potensi Organisasi.” – Djajendra

Karir kerja yang cemerlang hanya dapat diraih dengan cara mempersiapkan diri dengan kualitas diri yang sesuai dengan tantangan dan peluang yang menunggu di depan. Oleh karena itu, setiap individu yang menginginkan karir kerjanya mencapai suskes tertinggi, perlu belajar mendengarkan tantangan zaman, serta secara cerdas mampu memberikan respons yang sesuai dengan tantangan tersebut.

Dunia bisnis saat ini memerlukan praktik manajemen yang efektif dan efisien; praktik kepemimpinan yang penuh inspirasi dan motivasi; praktik bisnis yang terfokus kepada hasil maksimal dengan cara meningkatkan kualitas kerja yang optimal.

Organisasi bisnis di hari ini memerlukan pribadi-pribadi yang memiliki kecerdasan untuk memanfaatan teknologi, intelektual diri yang sesuai dengan tuntutan kerja, emosional diri yang positif, spiritual diri yang terfokus kepada segala kebaikan, dan cara kerja yang mendukung setiap gerak dan langkah organisasi untuk menuju kepada optimalisasi potensi organisasi.

Organisasi bisnis di hari ini menuntut setiap individu untuk mampu bertumbuh menjadi pribadi-pribadi yang tangguh dalam menghadapi setiap tantangan apa pun; setiap individu mampu untuk memiliki tujuan hidup yang jelas dan terarah pada tindakkan yang sesuai harapan; setiap individu mampu untuk selalu belajar secara berkelanjutan, untuk meningkatkan kualitas diri secara terus-menerus, tanpa pernah henti. Khususnya, membangun kesadaran diri untuk berdisiplin tinggi dan tekun dalam membangun kualitas diri melalui pembelajaran kembali dari pengalaman kerja, pembelajaran kembali dari pengalaman hidup, dan belajar terus-menerus untuk mendapatkan hal-hal baru yang positif buat membangun kualitas dan daya tahan diri yang tangguh.

Berikut 8 kualitas diri yang dibutuhkan untuk sukses dalam karier kerja.

1. Kualitas diri yang konsisten untuk berkolaborasi, berkoordinasi, dan berkomunikasi dengan setiap orang di tempat kerja.

2. Kualitas diri yang konsisten untuk bertindak kreatif dan strategis terhadap semua tantangan dan peluang.

3. Kualitas diri yang konsisten untuk menetapkan tujuan pribadi dalam meraih sukses dalam karir kerja.

4. Kualitas diri yang konsisten untuk bekerja bersama keseimbangan pola hidup yang menciptakan rasa damai, bahagia, nyaman, dan aman.

5. Kualitas diri yang konsisten untuk menghasilkan kinerja melalui prestasi kerja yang unggul.

6. Kualitas diri yang konsisten untuk menyatu ke dalam struktur organisasi, untuk bekerja secara fleksible dan dinamis sesuai SOP.

7. Kualitas diri yang konsisten untuk mampu meningkatkan pengaruh diri ke dalam setiap proses kerja organisasi.

8. Kualitas diri yang konsisten untuk meningkatkan kualitas komunikasi dalam semangat meningkatkan kualitas hidup diri.



Cara Tepat Meningkatkan Kualitas Diri

Apapun profesi dan pekerjaan kita kualitas diri menjadi salah satu kunci keberhasilan dalam berkarier. Menjadi enterpreneur atau bekerja pada perusahaan / orang lain tidak lepas dari hal yang satu ini. Jika kualitas diri Anda tidak baik maka akan sulit bagi Anda untuk mencapai kesuksesan.

Apakah hidup Anda ingin terus-terusan mengalami kesulitan? Jika tidak mulailah dari sekarang untuk merubah kehidupan Anda. Berikut ini beberapa cara tepat meningkatkan kualitas diri Anda :
  1. Nilailah diri sendiri
    Sebelum melangkah lebih jauh, ada baiknya Anda mengawalinya dengan menilai kinerja diri. Penilaian harus obyektif dan realistis. Jika Anda merasa kinerja Anda belum maksimal, nilailah seperti itu. Ambilah catatan kemudian tuliskan poin-poin tugas apa saja yang Anda hadapi di kantor. Lalu, tanyakan pada diri Anda, seberapa jauh mampu menangani poin-poin tersebut.
Misalnya, jika Anda seorang webmaster, kemudian Anda bertanya kepada diri Anda sendiri seberapa cepat Anda mampu mengikuti perkembangan teknologi yang ada saat ini? Tanyakan juga apakah Anda menikmati tugas-tugas tersebut.Daftar singkat ini akan membantu Anda memperoleh gambaran utuh mengenai kinerjaAnda sendiri. Setelah diperoleh gambaran utuh, Anda bisa memutuskan, aspek mana yang sudah Anda kuasai, dan aspek mana mana yang perlu ditingkatkan.
  1. Terus belajar
    Pahamilah bahwa karier profesional merupakan sebuah proses di mana Anda memiliki kesempatan untuk mengikutinya. Ilmu didalam dunia ini sangat luas, jadi sepintar-pintarnya Anda mencari ilmu didalam dunia ini, karena ilmu apapun bisa dipelajari. Karena sesuatu yang Anda peljari didunia ini tidak ternilai harganya.
  2. Tanggung jawab
    Meskipun berada dalam naungan sebuah perusahaan, Anda yang akan menentukan karier. Jadi, bertanggungjawablah dan pastikan bahwa Anda mengambil semua peluang untuk meningkatkan skill profesional Anda. Memperoleh tawaran untuk mengikuti training, seminar, atau keanggotaan sebuah asosiasi profesional? Tak perlu ragu untuk ikut dan bergabung karena skill pun akan semakin jaya.
  3. Jaga kinerja
    Selain bertanggungjawab, Anda juga harus menerapkan standar pribadi di dalam mengerjakan tugas profesional Anda. Standar inilah yang akan menentukan kualitas kerja. Di sisi lain, kinerja inilah yang akan menjadi dasar kenaikan jabatan atau promosi. Jadi, jangan segan bertanya kepada atasan. Jika memang merasa perlu, mintalah job atau tugas baru yang menurut Anda menantang. Namun, jangan asal meminta penugasan. Ukur kemampuan dan yakin bahwa Anda memang mampu menerima tugas.
  4. Jaga hubungan kerja
    Meski tampaknya tak terkait langsung dengan skill, menjaga hubungan kerja dengan semua level merupakan salah satu strategi penting untuk mengembangkan kemampuan. Berusahalah agar mampu bekerja dalam tim secara efektif. Karena dengan efektik akan mendorong Anda untuk mencapai keberhasilan dalam hidup Anda.
  5. Ciptakan jaringan
    Sisihkan dulu urusan kantor. Kini, saatnya untuk bersosialisasi dan menciptakan jaringan di luar kantor. Anda bisa bergabung dengan komunitas profesional di luar posisi karier, namun tetapi bisa meningkatkan kualitas kinerja Anda. Contohnya, jika Anda seorang akuntan, tak ada salahnya bergabung dengan komunitas bursa. Yakinlah, ilmu dan jaringan yang Anda peroleh dan bina di komunitas itu akan sangat membantu karier di kemudian hari.
  6. Carilah mentor
    Cara terbaik menguasai sebuah bidang adalah belajar dari ahlinya. Jadi, jangan ragu untuk mencari mentor atau guru. Tentu, bukan dalam arti harfiah. Anda bisa, kok, misalnya berguru kepada penulis favorit Anda melalui buku-buku karyanya. Secara tak langsung, Anda akan menguasai ilmu Sang Ahli tersebut dan kemudian Anda terapkan dalam tugas sehari-hari. Yang penting, Anda yakin bahwa guru Anda ini memang ahli dan sudah memiliki pengalaman di bidangnya.
Kalau perlu, carilah mentor sebanyak-banyaknya. Semakin banyak mentor, semakin banyak ilmu yang bisa diserap, sehingga ketika dihadapkan pada suatu persoalan kerja, Anda memiliki banyak solusinya.
  1. Siapkan masa depan
    Selalulah bertanya, Apa yang akan terjadi besok? Bagaimana mengatasinya? Salah satu ciri pemenang adalah selalu selangkah di depan lebih dulu ketimbang kompetitornya. Ketika kompetitor tengah asyik bergulat dengan persoalan hari ini, Anda sudah mencari solusi untuk persoalan yang muncul esok hari. Cobalah berlatih membiasakan diri untuk berada selangkah di depan. Dijamin, Anda akan menikmati hasilnya lebih cepat dari yang Anda perkirakan.
  2. Asah terus skill Anda
    Dewasa ini banyak sekali tawaran pelatihan atau kursus singkat untuk semua bidang profesi, dari mulai pelatihan soal keuangan perusahaan, pelatihan program komputer,
    pelatihan leadership, dan sebagainya. Nah, seperti halnya poin ke-2 di atas, jangan ragu untuk mengikuti pelatihan-pelatihan, sekalipun tak berkait langsung dengan posisi Anda. Jangan takut untuk mengikuti tes uji kemampuan. Biasanya ketakutan dan keraguan muncul ketika Anda belum melangkah. Begitu melangkah, Anda pasti mampu mengatasi keragu-raguan tadi dengan segera. Pengayaan skill ini sudah pasti akan menjadi poin tersendiri dalam menjalani karier Anda.
  3. Jangan lupakan teknologi
    Ada banyak sekali situs atau jaringan sosial yang bisa Anda buka dan membantu meningkatkan skill Anda. Cara paling mudah adalah mencarinya di Google. Anda juga bisa bergabung dengan komunitas-komunitas di Facebook atau Twitter. Jika Anda tertarik untuk meningkatkan kemampuan negosiasi, Anda bisa misalnya, berteman dengan jago marketing, jika Anda berniat mempelajari program komputer, Anda bisa bergabung dengan komunitas programmer komputer, dan sebagainya.

Berikut Bonus Tips Artikels Tentang Beberapa Cara Mendapatkan Uang Dengan Cepat Melalui Internet

Banyak orang saat ini menjalani bisnis beralih kedunia Internet? Why? Karena sangat mudah dan tidak membuang tenaga terlalu banyak dan salah satunya adalah penghasilan yang Anda dapat akan besar jika Anda mengerti dalam menjalaninya.
Berikut ini beberapa peluang mendapatkan penghasilan dari internet dengan keahlian yang Anda miliki:
  1. Blogging
    Anda bisa membuat dan mengelola blog dengan topik tertentu serta menghasilkan uang dari iklan yang ditayangkan di dalamnya. Sudah terlalu banyak orang yang berhasil menghasilkan ribuan bahkan hingga ratusan dollar per bulan hanya dari blog saja.
  2. Menjadi Penulis Artikel (English Writer)
    Jika bahasa Inggris anda baik dan tidak mengecewakan, maka menjadi penulis artikel berbahasa Inggris merupakan peluang mendulang pendapatan dari internet. Saat ini banyak blogger dan para pemilik website membutuhkan artikel yang baru dan unique, atau bisa berupa artikel review dari advertiser mereka.
  3. Menjadi Penulis Tamu (Guest Author)
    Blog atau situs yang sudah eksis biasanya membutuhkan kehadiran kontributor atau penulis tamu (guest author) untuk topik-topik tertentu dan dibayar tinggi. Rata-rata pendapatan seorang guest author di blog-blog berbahasa Inggris berkisar antara USD $5 s.d USD $500 per artikel. Untuk skala lokal Indonesia, saya sendiri percaya suatu saat akan banyak blog atau situs yang membutuhkan penulis tamu.
  4. Menjadi Forum Poster
    Banyak pemilik forum online membutuhkan tenaga freelance untuk melakukan posting sebanyak-banyaknya (asal bukan spam) di forum mereka sehingga kelihatan ramai dan bernilai. Nah, menjadi forum poster juga bisa memberikan kita penghasilan online yang lumayan.
  5. Membuat VideoBlog atau PhotoBlog
    Hampir serupa dengan blogging, tapi lebih pada membuat konten bukan yang tertulis, tetapi hanya berupa video atau gambar saja. Di luar negeri, blog-blog yang berbasis video atau gambar juga cukup memberikan peluang meraup penghasilan online, baik melalui iklan maupun penjualan blog tersebut.
  6. Menerjemahkan Dokumen
    Menjadi penerjemah dokumen (document translater) juga menjadi pilihan menarik untuk menghasilan uang dari internet. Human online translater bisa saja dibayar mahal asal hasil kerjanya juga bermutu tinggi. Hanya saja tidak semua orang bisa menjadi translater, hanya mereka yang menguasai skurang-kurangnya dua bahasa berbeda yang dapat melakukannya. Bukan begitu?
  7. Menjadi Konsultan Online
    Jika anda memiliki sebuah keahlian misalnya sebagai ahli gizi atau ahli pada tumbuh-kembang anak, maka anda bisa saja berprofesi menjadi konsultan secara online. Konsultasi secara online dapat dilakukan secara melalui chatting, situs/blog, media jejaring sosial seperti facebook, mailing list (milist), personal email atau media online lainnya. Untuk mendapatkan penghasilan dari layanan konsultasi online seperti ini, seorang konsultan bisa saja mensyaratkan sistem keanggotaan, atau bayaran per jam. Di luar negeri, konsultan online sangat marak dan mereka memang dibayar mahal.
  8. Membuat Ebook
    Anda bisa juga membuat ebook tentang hal-hal yang anda kuasai dan bisa memberikan manfaat bagi orang lain. Nah, ebook ini selanjutnya dapat dijual dengan harga tertentu dan menjadi sumber penghasilan online kita.
Jika Anda memang berniat dalam berbisnis didunia internet. Mari Take action sekarang juga karena peluang bisnis internet sangat meyakinkan untuk banyak orang. Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar: